PHP : Pengertian dan Penjelasanya



Internet dahulu hanya digunakan untuk keperluan mengirim e-mail, sejak era kemajuan teknologi internet telah jauh berkembang. Dari mulai internet itu sendiri sampai kepada software atau program internet-nya semua telah berkembang. Sejak hadirnya PHP dikalangan internet yang merupakan bahasa pemerogramman web yang paling banyak digunakan, terutama keperluan dalam hal pembuatan web dinamis seperti weblog (blog), e-commerce (toko online), dll. Ada pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, begitu juga dengan PHP di artikel ini saya akan memperkenalkan apa itu PHP disertai penjelasan dan kelebihan dari PHP itu sendiri.




Pengertian PHP







Menurut id.wikipedia.org PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.







Sejarah PHP







PHP adalah sebuah bahasa pemograman yang berjalan dalam sebuah web-server (server side). PHP diciptakan oleh programmer unix dan Perl yang bernama Rasmus Lerdoft pada bulan Agustus-September 1994. Pada awalnya, Rasmus mencoba menciptakan sebuah script dalam wesite pribadinya dengan tujuan untuk memonitor siapa saja yang pernah mengunjungi website-nya.







Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI pada sekitar tahun 1995, dan diperkenalkan kepada beberapa programmer pemula dengan alasan bahasa yang digunakan oleh PHP cukup sederhana dan mudah dipahami. Selanjutnya Rasmus menulis ulang PHP dengan bahsa C untuk meningkatkan kecepatan aksesnya.







Mulai bulan September sampai Oktober 1995, kode PHP ditulis ulang dan digabungkan menjadi PHP/F1. Baru di akhir tahun 1995 dirilis bagi umum secara gratis. Mengapa Rasmus membagikan ke publik secara gratis ? Rasmus berangapan apabila kode PHP ini berguna bagi dirinya, tentu juga akan bermanfaat untuk orang lain. Toh pada akhirnya akan kembali bermanfaat bagi dirinya sendiri.







Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.







Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP dirubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.







Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.







Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.







Hingga sekarang (19 Juli 2012) PHP sudah memasuki versi 5.4.5 yang telah banyak melakukan perbaikan bugs pada PHP itu sendiri, lebih dari 30 bugs sudah diperbaiki di versi 5.4.5 ini.







Cara Kerja PHP







PHP dikatakan sebagai sebuah server-side embedded script language artinya sintaks-sintaks dan perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa. Aplikasi-aplikasi yang dibangun oleh PHP pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser, tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan di server.







Pada prinsipnya server akan bekerja apabila ada permintaan dari client. Dalam hal ini client menggunakan kode-kode PHP untuk mengirimkan permintaan ke server (dapat dilihat pada gambar dibawah). Ketika menggunakan PHP sebagai server-side embedded script language makaserver akan melakukan hal-hal sebagai berikut:

Membaca permintaan dari client/browser

Mencari halaman/page di server

Melakukan instruksi yang diberikan oleh PHP untuk melakukan modifikasi pada halaman/page.

Mengirim kembali halaman tersebut kepada client melalui internet atau intranet.







Ilustrasi gambarnya kira-kira seperti ini:















Klik untuk memperbesar gambar




Kelebihan PHP




Mengapa PHP? Karena PHP memiliki beberapa kelebihan daripada bahasa pemerogramman Web lainnya seperti ASP, kelebihan yang paling menonjol dari PHP ialah gratis dan open source-nya, sehingga PHP lebih banyak digunakan dibandingkan ASP. Berikut ini ada beberapa point penting kelebihan dari PHP tersebut:

PHP gratis dan mudah dipelajari, Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk menggunakannya. Oleh karena itu PHP banyak digunakan, selain itu saya juga suka PHP selain mudah dipelajari juga karena gratis .

PHP merupakan bahasa pemerogramman yang open source.

PHP dapat dijalankan pada platform/OS yang berbeda-beda (Windows, Linux, Unix, MacOS, etc.).

PHP dapat membuat web dinamis

Mendukung banyak database.

PHP telah mendukung banyak database, ini mengapa banyak developer web menggunakan PHP Adabas D Adabas D, dBase dBase, Empress Empress, FilePro (read-only) FilePro (read-only) Hyperwave, IBM DB2, Informix, Ingres, InterBase, FrontBase mSQL, Direct MS-SQL, MySQL MySQL, ODBC, Oracle (OCI7 and OCI8), Ovrimos, PostgreSQL SQLite, Solid, Sybase, Velocis, Unix dbm.
    Diposting oleh — Selasa, 18 September 2012

    There are currently no comments for "PHP : Pengertian dan Penjelasanya"

    Add your Comment :

    -=[Peraturan Berkomentar]=-
    [>>] Tidak menjelek-jelekan blog ini
    [>>] Memberi kritik & saran boleh
    [>>] Koment yang sopan
    [>>] Tidak mengandung SARA dan sejenisnya
    [>>] Tidak menyinggung nama orang lain

    NB:::
    Jika Komentar Blog (Bukan Facebook)tidak bisa mengeklik Publikasikan, scroll ke bawah lagi, karena terhalang widget share di ujung. Maaf, akan segera kami perbaiki.

    close

    -=[DANIEL SITE]=-

    FRIEND BLOG

    - Dwi Tekhnologi
    - Mas Sugeng
    - Swordhaven Social
    Follow